Obat Batuk Kronis

Blog seputar informasi tentang batuk, jenis batuk, gejala batuk, dan pencegahannya dengan obat-obat batuk yang alami, sederhana, dan tradisional

Obat Batuk Berdahak untuk Bayi yang Aman

Sebagai orang tua, melihat buah hati kita yang masih bayi mengalami sakit tentu merupakan satu kekhawatiran tersendiri. Bayi yang sedang sakit, di satu sisi merupakan kewajaran namun juga tetap perlu diwaspadai. Sebab di usianya yang masih sangat kecil, sistem kekebalan tubuh pada bayi memang belum sempurna seperti system kekebalan tubuh orang dewasa. Ketika bayi Anda mengalami batuk, hal itu mungkin terjadi karena virus dan bakteri atau penyebab alergi. Selain itu, bayi yang mengalami batuk berdahak juga mengalami pernapasannya saat ia menelan ASI, sehingga membuatnya rewel dan sering menangis.



Berikut beberapa Obat batuk berdahak untuk bayi yang aman dan efektif untuk digunakan :


Untuk bayi berusia kurang dari 7 bulan yang mengalami sakit batuk berdahak, Anda bisa menggunakan cara-cara sederhana ini untuk mengeluarkan dahak dari saluran pernapasannya.
  • Hangatkan tubuh buah hati Anda setelah mandi di pagi hari dengan mengajaknya berjalan untuk mendapatkan sinar matahari sebelum pukul 7 pagi. Lakukan selama 10 hingga 15 menit untuk membuat tubuhnya lebih hangat sehingga memudahkan keluarnya dahak.
  • Obat batuk berdahak untuk bayi selanjutnya adalah dengan minyak kayu putih yang dicampur dengan air hangat untuk dapat dihirup airnya oleh si bayi. Akan tetapi berhati-hatilah agar tidak sampai mengenai dan melukai tubuh bayi. Cukup letakkan di dekat tubuhnya dan awasi.
  • Pastikan makanan-makanan yang ia konsumsi hangat, misalnya saja Anda bisa memberikan kaldu ayam yang hangat sebagai Obat batuk berdahak untuk bayi Anda. hal itu akan memudahkannya untuk mengencerkan dahaknya dan mengeluarkannya sehingga melegakannya untuk bernapas.
  • Cara selanjutnya ialah cara yang cukup efektif, yakni dengan memposisikan bayi Anda secara tengkurap di pangkuan Anda. lalu letakkan salah satu kaki Anda agar lebih tinggi, agar posisi bayi miring dan kepalanya lebih rendah. Kemudian tepuk secara perlahan punggung bayi sehingga dahak encernya segera keluar. Cara ini juga bisa dikombinasikan dengan uap dari minyak kayu putih yang digunakan sebagai Obat batuk berdahak untuk bayi dengan cara dihirup.
  • Obat batuk berdahak untuk bayi selanjutnya ialah menggunakan resep atau ramuan yang bisa Anda gunakan dengan bahan alami. Yakni pada bayi yang berusia 7 hingga 11 bulan, Anda bisa membuatkan ramuan khusus sebagai Obat batuk berdahak untuk bayi menggunakan jeruk nipis, madu dan air putih. Caranya, 1 setengah sendok makan air perasan jeruk nipis, ditambah dengan 4 sendok makan madu murni yang alami, dan dilarutkan ke dalam 5 sendok makan air putih. Rebus sebentar, lalu diamkan sampai hangat namun tidak sampai dingin kepada bayi Anda sebagai Obat batuk berdahak untuk bayi.

Mengatasi batuk pada bayi selain menggunakan cara-cara di atas juga bisa Anda konsultasikan pada dokter yang bisa menangani apabila batuknya belum kunjung sembuh. Sebab kesehatan buah hati adalah yang terpenting, tentu itu menjadi sebuah perhatian khusus yang menjadi fokus orang tua, terutama mencarikannya Obat batuk berdahak untuk bayi berupa cara-cara sederhana yang bisa dilakukan, atau dengan menghirupkannya uap agar dahaknya keluar, maupun dengan resep alami seperti madu dan jeruk nipis tadi.

Demikian tadi informasi seputar Obat batuk berdahak untuk bayi yang aman dan efektif untuk digunakan. Semoga artikel kesehatan kali ini bermanfaat bagi Anda.