Obat Batuk Kronis

Blog seputar informasi tentang batuk, jenis batuk, gejala batuk, dan pencegahannya dengan obat-obat batuk yang alami, sederhana, dan tradisional

Tips Mengatasi Batuk dengan Cepat dan Sederhana

Batuk merupakan salah satu penyakit yang kadang bisa dianggap sepele dan mengganggu aktivitas kita. Pada kondisi dimana batuk kering atau batuk berdahak serta batuk yang disertai flu, kondisi-kondisi tersebut memerlukan beberapa penanganan untuk segera kita lakukan. Ada beberapa tips cepat dan sederhana untuk bisa Anda lakukan ketika batuk menyerang, entah pada diri Anda sendiri maupun pada anak dan anggota keluarga lainnya. Tips ini merupakan tips rumahan yang simpel dan menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan dipercaya mampu menangani penyakit batuk.



Berikut aneka tips cepat sederhana untuk Mengatasi batuk :


Berkumur menggunakan Air Garam


Cara ini cukup simpel untuk Mengatasi batuk yang disebabkan karena radang tenggorokan maupun batuk berdahak. Larutkan garam sebanyak 1 sendok teh dalam 25 ml air hangat, lalu aduk merata sampai benar-benar larut. Setelah itu Anda bisa berkumur menggunakannya selama 15 detik dan ulangi sampai airnya habis.

Perpaduan Pepermin, jahe dan madu


Jika di rumah tersedia pepermin, jahe, dan madu, Anda bisa menggunakannya untuk membuat sirup obat batuk yang cukup efektif. Karena jahe berfungsi untuk Mengatasi batuk dengan mengencerkan dahak, bersama dengan pepermin dapat menekan iritasi di belakang tenggorokan yang memicu batuk. Buatlah larutan ini dengan terlebih dahulu memasukkan 3 sendok makan jahe cincang dan sesendok pepermin kering ke dalam 4 cangkir air, lalu didihkan. Sesaat kemudian dinginkan dan masukkan sesendok makan madu setiap beberapa jam untuk diminum beberapa hari. Tentunya, awetkan campuran ini dalam lemari es yang bisa awet hingga 3 minggu untuk Mengatasi batuk.

Larutan pepermin dalam air lemon


Beda halnya dengan satu ini, namun Anda bisa tetap memanfaatkan pepermin dengan melarutkannya dalam air lemon. Permen pepermin dilarutkan dalam sari lemon, lalu panaskan dalam panci kecil sampai permennya larut. Opsi lain, Anda juga bisa menambahkan madu sebanyak satu sendok makan.

Cukup dengan madu


Jika Anda hanya memiliki madu di rumah, maka hal itu sebenarnya sudah cukup membantu untuk Mengatasi batuk. Madu diketahui mampu menekan batuk secara efektif dan menenangkan tenggorokan, bahkan lebih efektif daripada obat di pasaran. Sebab madu membantu melapisi dan menenangkan membrane lendir, dan sangat bermanfaat untuk diminum sebelum tidur baik pada anak-anak maupun dewasa. Akan tetapi, untuk anak-anak baiknya tidak di bawah 1 tahun. Madu bisa diminum secara langsung untuk Mengatasi batuk maupun melarutkannya dalam segelas teh hangat dicampur lemon.

Baca juga : Resep Obat Batuk Tradisional dengan Jahe dan Madu

Uap dengan minyak atsiri


Menghirup minyak atsiri dipercaya mampu Mengatasi batuk yang disertai sesak dengan cara kerjanya yang membuka saluran pernapasan dan melawan bakteri maupun virus. Caranya, Anda didihkan air dan kemudian letakkan dalam sebuah mangkuk. Lalu diamkan selama 1 menit dan masukkan 3 tetes minyak tea tree oil dan 1 hingga 2 tetes minyak eukaliptus. Aduk perlahan, lalu dekatkan wajah Anda pada permukaan mangkuk untuk bisa menghirup uap dengan menarik napas selama 5 hingga 1 menit. Terapi uap minyak atsiri ini bisa Anda terapkan selama 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Gosokkan dada dengan Obat gosok menthol


Cara selanjutnya untuk Mengatasi batuk ialah menggunakan obat gosok yang mengandung mentol maupun kamfor. Obat gosok tersebut mampu meredakan batuk baik yang berdahak maupun batuk yang kering. Gosokkan secara perlahan obat gosok di area dada maupun tenggorokan untuk Mengatasi batuk.