Obat Batuk Kronis

Blog seputar informasi tentang batuk, jenis batuk, gejala batuk, dan pencegahannya dengan obat-obat batuk yang alami, sederhana, dan tradisional

Jenis Batuk dan Gejalanya yang Tak Boleh Disepelekan

Batuk biasanya terdengar sepele setiap kali kita mendapatinya. Pada dasarnya, batuk sendiri ialah suatu pertanda bahwa tubuh kita sedang bermasalah atau mengalami sakit. Batuk juga memiliki beberapa macam dan gejala yang berbeda, oleh karena itu perlu kita ketahui dan baiknya tidak disepelekan karena gejala batuk memiliki sebuah tanda terhadap tubuh kita.

Batuk dan aneka gejalanya ada beberapa yang tak boleh disepelekan dan penting untuk Anda ketahui karena bisa jadi ada indikasi tertentu yang mengarah pada gangguan kesehatan dalam tubuh Anda. Sebab tubuh sejatinya telah memiliki sistem pertahanan untuk dapat melawan gangguan dari luar, yakni batuk ialah salah satunya.



Berikut ulasan lengkapnya mengenai jenis batuk serta gejalanya yang tak boleh Anda sepelekan :

Tubuh telah memiliki sebuah system pertahanan untuk melawan gangguan dari luar, yang salah satu system tersebut ialah batuk. Batuk maupun berbagai gejalanya merupakan respon alami yang dilakukan oleh tubuh untuk membersihkan lendir, maupun debu, asap dan penyebab iritasi lain untuk dapat dikeluarkan dari pernapasan kita.

Batuk memang erat kaitannya dengan gangguan pernapasan, misalnya asma, bronkitis, bahkan kanker paru-paru hingga penyakit lainnya seperti maag dan alergi obat tertentu. Jenis batuk pada umumnya terbagi menjadi dua, yakni batuk kering dan batuk berdahak.

Batuk kering

Batuk kering ini biasanya batuk tanpa dahak yang terjadi saat tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas sedang mengalami radang.

Batuk berdahak

Dalam kondisi ini, batuk berdahak justru membantu Anda untuk untuk mengeluarkan dahak dari saluran paru-paru yang mengganggu jalannya pernapasan.

Namun ada beberapa kondisi batuk yang perlu Anda ketahui dan tidak boleh disepelekan, karena mengarah pada penyakit tertentu, seperti beberapa jenis batuk di bawah ini.

  1. Batuk kering yang disertai sesak napas
    Jenis batuk ini kemungkinan disebabkan oleh penyakit paru-paru obstruktif kronis, dimana kondisi tersebut meliputi bronkitis dan emfisema yang biasa disebabkan karena rokok. Gejala dari batuk ini dapat diobati meski belum ada obat yang sepenuhnya mengobati penyakit tersebut.
  2. Batuk di malam hari disertai lendir dan suara mengi atau serak
    Kondisi seperti ini kerap diakibatkan oleh penyakit asma.
  3. Batuk saat tenggorokan kering, pilek dan dahak yang berlebihan disertai hidung sengau
    Bisa jadi penderita jenis batuk ini mengalami alergi atau infeksi sinus.
  4. Batuk setelah minum obat
    Ada pula batuk yang terjadi setelah minum obat, biasanya terjadi karena efek samping dari obat berjenis inhibitor ACE. Bila demikian, konsultasikan saja pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
  5. Batuk disertai maag yang terjadi lebih dari 2 kali dalam seminggu
    Jenis batuk ini disebabkan karena Gastroesopagheal reflux disease (GERD yang merupakan kondisi penyakit maag kronis.
  6. Batuk yang memburuk semakin hari. Disertai kelelahan, nyeri dada, batuk darah, suara serak dan sesak.
    Bisa jadi gejala tersebut merupakan pertanda kanker paru-paru.

Bila jenis batuk yang Anda alami merupakan salah satu dari poin-poin di atas, maka ada baiknya segera Anda periksakan dan konsultasikan ke dokter untuk segera mendapat obat dan penanganan yang tepat.

Demikian kali ini artikel mengenai jenis batuk dan gejalanya yang tak boleh disepelekan karena bisa jadi ada indikasi tertentu yang mengarah pada gangguan kesehatan dalam tubuh Anda. Semoga artikel tentang jenis batuk kali ini bermanfaat.